Tips Memfoto Photo Hitam Putih Bagus

Cara memfoto foto hitam putih dengan low key

Karenanya, perlu saya ucap jika dalam tips di bawah ini tidak ada sesuatu hal tehnis dalam memproses photo. Yang saya ulas di sini yaitu unsur apa saya yang akan membuat photo hitam putih jadi bagus. Sebab, berdasar pengalaman — walaupun saya bukan photografer profesional — hal tersebut akan memudahkan saat memfoto memiliki warna. Entahlah kelak dirubah jadi hitam putih atau mungkin tidak.

 

Cara memfoto foto hitam putih dengan low key

Tips Memfoto Photo Hitam Putih BagusTips Memfoto Photo Hitam Putih BagusBeberapa hal yang perlu jadi perhatian saat memfoto photo hitam putih.

 

1. Jangan menyaksikan warna

Kalimat di atas kemungkinan terdengar konyol saat kita bicara masalah photo hitam putih. Tidakkah jelas sudah jika tidak ada “warna”?

 

Betul. Tetapi di praktiknya, saat kita menyaksikan satu objek, warna menonjol kerap memikat mata kita. Selanjutnya, perhatian kita teralih dengan gabungan warna yang baik. Walau sebenarnya, saat nanti difoto jadi hitam putih (atau dirubah jadi photo hitam putih) terkadang ada beberapa warna yang tingkat kepekatannya begitu dekat hingga wujud antar objek tidak jelas.

 

2. Bersahabatlah dengan wujud

READ  15 Teknik Sederhana Untuk Fotografi Makro

Bukannya menyaksikan beberapa warna yang ada, lihatlah wujud. Mencari adakah garis, objek, atau hal-hal lain yang dapat membuat formasi bagus. Ini termasuk juga detail seperti struktur (permukaan batu, besi berkarat, garis muka, dan lain-lain) atau pergerakan serta gestur menegangkan seorang.

 

Janganlah lupa pikir apa depth of field dapat memberi hasil yang menarik. Ketidaksamaan bagian yang kabur yang tajam dapat memberi wujud yang pasti serta menarik.

 

3. Lihat Kontras

Pada intinya, fotografi ialah melukis dengan sinar. Bagian yang terserang sinar (jelas) memberikan makna bagian gelap, begitupun kebalikannya. Kontras di antara jelas gelap berikut yang akan memberi wujud di objek di photo.

 

Lihat darimanakah arah sinar tiba. Umumnya, sinar dari samping (entahlah atas/bawah atau kanan/kiri) akan memberi kontras makin. Misalkan untuk memperlihatkan garis muka. Tetapi sinar dari belakang juga dapat membuat photo menarik, seperti membuat rim light atau siluet.

 

Untuk tingkatkan kontras di photo, kita dapat memakai filter di lensa (atau jika ada di aplikasi camera).

 

4. Jangan lupakan gradasi

Ada faktanya mengapa buku 50 Shades of Grey berjudul semacam itu. Arti “Shades of Grey” memberi makna nama figur Crhristian Grey, beberapa susunan personalitas figur itu, ketidaktahuan keadaan yang kerap disebutkan dengan tempat abu-abu

READ  10 Trick Photo Produk Dengan Modal HP Untuk Berjualan Online. Hasilnya Serupa Photografer Profesional!

 

Ahem, kembali pada fotografi, demikianlah gradasi mainkan peranan di photo hitam putih. Beberapa tingkat kecemerlangan/kepekatan abu-abu akan memberikan nuansa atau dimensi di photo. Ini tentu saja terkait dengan detail objek serta tingkat kontras. Oleh karenanya, dalam memfoto photo hitam putih, jangan lupakan gradasi.

 

Jika pengin bicara sedikit tehnis, pakai pola RAW untuk tangkap tenggang intensif sinar (dynamic kisaran) semakin besar.

Baca juga selengkapnya 5 Panduan Landasan Memfoto Photo Black dan White Untuk Pemula

 

5. Cermati grain serta noise

Grain ialah bercak-bercak yang tampil di film jadi resiko dari tingginya kepekaan film photo (ISO). Makin kecil ISO (contoh 100) makin kecil grain serta makin besar ISO (3200) makin besar grain. Karakter grain film ialah tidak teratur.

 

Saya memakai arti noise untuk sebagai wakil digital noise, distorsi visual dalam data gambar digital. Seperti grain di film, noise terkait dengan besarnya sensor di camera. Sebab photo digital berbasiskan piksel, noise makin teratur dibanding grain.

READ  Pengenalan Terhadap Astrofotografi - Panduan Bagi Pemula

 

Disini kekurangan noise. Sebab piksel makin teratur, karena itu terkadang noise membuat skema di photo. Sebab otak manusia mengenal skema, noise dapat makin gampang mengusik dibanding grain.

 

Untungnya, pengolah gambar era saat ini mempunyai algoritme noise reduction. Algoritme itu akan kurangi noise tiada kurangi detail gambar. Algoritme noise reduction umumnya mencakup detail luminance (kecemerlangan) serta detail chroma (hue atau corak warna). Yang kerap semakin banyak dikurangi ialah detail chroma, sebab masalah warna makin mengusik. Ini mengakibatkan noise di camera saat ini dapat makin serupa seperti grain di film.

 

Kedua-duanya, jika nampak, dapat mengusik keelokan gambar. Khususnya di photo memiliki warna. Kebalikannya, waktu memfoto photo hitam putih, hal itu dapat memberikan dampak spesifik.

 

Dengan kandungan yang cocok, bercak-bercak ini dapat menambahkan struktur photo, atau menambahkan nuansa spesifik. Misalkan photo hitam putih karyawan tambang, adanya grain dapat memperlihatkan kesan-kesan kasar serta kuat.

 

Itu penyebabnya, saya menyebutkan “cermati”, bukan “jauhi”.

You May Also Like

About the Author: rudi