Mengawali Fotografi Panorama

Hal yang perlu disiapkan untuk fotografi panorama

Satu hal yang menarik di dunia fotografi ialah batas untuk belajar beberapa tehnik baru dan bagaimana memakai kreativitas dalam ambil gambar untuk ke arah jenjang fotografi seterusnya. Memfoto panorama ialah satu diantara banyaknya tipe fotografi yang membutuhkan tehnik tertentu. Fotografi panorama dapat disebutkan relatif membahagiakan, sebab mereka sampaikan 1 rasio atau ukuran dan detail yang tidak dapat dilaksanakan oleh pola pengambilan foto standar. Maka bila Sahabat sedang cari satu kesempatan untuk pelajari suatu hal yang baru di dunia fotografi dan menambahkan koleksi portofolio, karena itu waktu yang pas untuk memfoto panorama.

 

Perlengkapan yang perlu disiapkan untuk fotografi panorama

Tehnik Landasan

 

Panorama pada umumnya dibuat dengan memfoto beberapa gambar/photo serta dikombinasian bersama dengan memakai tempat digital untuk memperoleh gambar/photo yang jauh semakin besar. Kunci photo panorama yang prima dengan memperoleh gambar dengan detail dan ketajaman yang baik, serta pastikan jika tiap semasing photo dapat dipadukan jadi 1 tiada nampak ada tapak penyatuan. 1 lagi yang memberikan nilai lebih fotografi panorama cuman membutuhkan sedikit piranti fotografi, serta tehnik pengerjaan dan pemrosesan digital untuk bikin tipe fotografi ini dapat disebutkan relatif gampang. Di bawah ini ialah beberapa panduan landasan bagaimana mengawali fotografi panorama.

Nodal Poin dan Bracket Mahal

 

Kerjakan penelitian pada fotografi panorama serta Sahabat akan mendapati info mengenai bracket dan tripod head. Piranti ini dibuat untuk pastikan camera berotasi di seputar bagian konsentrasi dari sensor camera, atau yang makin diketahui dengan nodal poin. Memutar camera sedekat kemungkinan dengan nodal poin adalah hal yang baik, mengingat akan menolong kurangi distorsi dan tingkatkan kesuksesan proses penyatuan keseluruhannya. Kami tidak jamin jika bracket ini akan membuat ketidaksamaan, mereka dapat disebutkan relatif mahal, terkecuali Sahabat betul-betul terpikat atau pencinta fotografi panorama, karena itu Sahabat bisa memperoleh hasil yang baik dengan mempraktikkan beberapa tehnik photo panorama.

READ  Tips Serta Langkah Street Photography

Waktu Memfoto

 

Kunci untuk memperoleh penyatuan yang bagus ialah dari bagaimana photo itu diambil. Tekankan jika Sahabat memperoleh photo yang baik, photo yang tajam bisa menjadi awalnya yang baik waktu pemrosesan digital. Langkah terhebat untuk melakukan dengan memakai Aperture Priority, Pilih gabungan exposure yang memberi tingkat Depth of Field yang rata, tapi shutter speed sebaiknya cukup cepat buat memberi hasil photo yang tajam (tiada motion blur). Sesudah Sahabat mendapati penataan exposure yang PAS, kuncilah dengan memakai model manual. Penataan konsentrasi cukup penting, walau Sahabat memfoto memakai aperture kecil yang membuahkan Depth of Field lebar akan menolong, tapi semakin lebih bagus bila kalian menutup konsentrasi hingga tidak ada keragaman titik konsentrasi. Pada dasarnya semua penataan camera tetap harus sama di seluruhnya ambil seri photo itu.

READ  Kenapa Fotografi Udara Terkenal Untuk Beberapa Pemakaian Komersil

Tehnik Memfoto

 

Unsur sangat berarti yang tentukan berhasil tidaknya proses penyatuan, ialah bagaimana tiap elemen photo diambil, serta ada 2 patokan yang perlu jadi perhatian, Tujuan photo dan penimbunan.

Tujuan gambar/photo di rasa penting, mengingat dapat mempunyai imbas yang besar di berapa besar prespektif dari photo photo ke photo, makin kecil ketidaksamaan prespektif karena itu makin kecil juga revisi distorsi yang dibutuhkan oleh piranti lunak. Langkah terbaik untuk memperolehnya dengan memfoto berbentuk portrait, di mana dengan langkah ini bermakna menyebabkan software kerja semakin lama, serta meminimalkan perombakan prespektif di tiap photo.

Aspek khusus dalam membuahkan penyatuan yang bagus yang lain ialah jumlah persentase penimbunan tiap photo berseri itu. Rintangannya di sini ialah menimbun gambar dengan skala besar, sebetulnya ini dapat justru mempersulit dibanding menolong, sebab menimbun dengan persentase besar dapat mengakibatkan error di piranti lunak sebab software berusaha untuk mempertautkan wilayah yang semakin besar. Jumlah penimbunan yang bagus ialah seputar 20-30%.

Memfoto panorama cukup dengan memakai pegangan tangan dapat diterima seandainya Sahabat dapat jaga camera selalu konstan serta memakai shutter speed yang cukup cepat. Tripod selalu jadi langkah terhebat untuk membuahkan photo yang tajam dan bebas dari blur.

Penyatuan dan Pemrosesan Digital

 

Sepanjang Sahabat mempunyai seri photo yang baik, karena itu piranti lunak akan melakukan pekerjaannya dengan gampang serta simpel. Sahabat dapat memakai pirantia lunak koreksi Photoshop, memang benar ada beberapa piranti lunak pilihan yang lain, tapi pada intinya akan memberi hasil yang serupa.

READ  Panduan Fotografi Pernikahan

Di umumnya keadaan memungkinkan untuk memperoleh gambar panorama tanpa kekeliruan benar-benar, tapi akan ada kekuatan error atau hasil yang tidak diinginkan. Pendekatan yang dapat dilaksanakan di keadaan semacam ini ialah melakukan eksperimen dengan coba bermacam model prespektif serta mengubah pilihan ‘Geometric Distortion’ ke on serta off. Di beberapa masalah dapat saja 1 atau 2 gambar memiliki masalah waktu penyatuan gambar.

Sesudah photo panorama telah dibikin, Sahabat tinggal lakukan cropping untuk hilangkan kurva atau lengkungan yang berada di pinggiran gambar, selanjutnya Sahabat dapat lakukan pemrosesan digital lagi untuk memperoleh hasil yang kalian kehendaki.

Beberapa hal yang Harus Jadi perhatian Saat Memfoto Fotografi Panorama.

Sebetulnya beberapa hal yang perlu digaris bawahi atau dikenang di saat memfoto fotografi panorama, tapi di bawah ini ialah beberapa dasar ide simpelnya:

  • Kerjakan metering dan konsentrasi, selanjutnya kunci seluruhnya penataan camera agar tetap sama waktu memfoto dari photo ke photo.
  • Upayakan untuk membuahkan photo yang tajam dengan memakai shutter speed cukup cepat, dan pakai tripod bila sangat mungkin.
  • Memfoto dengan tujuan portrait untuk meminimalisir distorsi
  • Kerjakan penimbunan/penindihan setiap photo seputar 20-30%

Baca juga selengkapnya 32 Tipe Fotografi Terhebat Yang Harus Anda Kenali

You May Also Like

About the Author: rudi