Apakah itu Fotografi Panorama?

Cara Melakukan Fotografi Panorama

Fotografi panorama, dikenal juga untuk fotografi pola lebar, ialah tehnik spesial yang menyatukan beberapa gambar dari camera yang serupa jadi 1 photo lebar (vertikal atau horizontal).

 

Arti “panorama” dengan harfiah bermakna “seluruhnya panorama” dengan bahasa Yunani serta awalannya berawal dari pelukis yang pengin tangkap panorama lanscape yang luas, tidak cuma sisi spesifik saja. Photo panorama pertama kali dibikin cukup dengan menyesuaikan versus bikin film, yang hasilnya tidak bagus, sebab hampir tidak mungkin untuk menyesuaikan photo dengan prima. Dengan penemuan komputasi individu, perkembangan dalam piranti lunak computer serta fotografi digital, saat ini makin gampang untuk menjadikan satu gambar digital memakai piranti lunak spesial.

 

Kenyataannya, dengan memakai tehnik fotografi yang pas serta perlengkapan panorama, saat ini bisa saja untuk bikin panorama yang hampir prima di resolusi yang tinggi sekali. Beberapa photografer bahkan juga menjahit beberapa ratus gambar resolusi tinggi untuk membuat panorama “gigapiksel” yang besar sekali. Sekarang ini, fotografi panorama digital cukup terkenal serta umum bukan hanya di kelompok photografer lanscape, dan juga antara photografer arsitektur serta lanscape kota.

READ  Pengenalan Terhadap Astrofotografi - Panduan Bagi Pemula

 

Fotografi Panorama menjadi sangat susah serta mahal, bergantung di apakah yang Anda coba kerjakan. Misalkan, membuat gambar panorama dalam fotografi arsitektur membutuhkan camera serta lensa untuk dikalibrasi secara benar di perlengkapan panorama spesial untuk menahan garis lengkung, distorsi, serta jahitan yang tidak pas di object dekat. Di saat yang serupa, Anda bisa sukses ambil gambar panorama lanscape yang baik tiada melakukan investasi di perlengkapan camera apa saja, sepanjang Anda ketahui langkah melakukan secara benar. Dalam artikel ini, saya khususnya akan fokus di ambil gambar panorama baik dengan pegang atau mungkin dengan tripod, tiada habiskan perlengkapan lain.

 

Cara Melakukan Fotografi Panorama

 

Tipe Panorama

 

READ  32 Tipe Fotografi Terhebat Yang Harus Anda Kenali

Walau kata “panorama” dengan automatis mengasumsikan jika itu bisa menjadi gambar horizontal atau vertikal yang lebar, menurut saya, tidak harus begitu. Bila saya menjadikan satu beberapa gambar serta rupanya jadi gambar persegi, saya masih menganggap untuk gambar panorama resolusi tinggi. Berikut langkah saya mendeskripsikan gambar panorama:

 

Panorama pojok lebar – segala hal yang seperti terlihat photo pojok lebar, yang meliputi kurang dari 180 derajat, baik horizontal atau vertikal. Panorama pojok lebar bahkan juga bisa seperti terlihat gambar biasa, terkecuali dipadukan dari beberapa photo serta karenanya akan mempunyai resolusi yang semakin tinggi.

 

Panorama 180 derajat – panorama yang meliputi 180 derajat dari kiri ke kanan. Tipe panorama ini nampak benar-benar luas, meliputi tempat yang luas.

READ  Street Fotografi – Tipe fotografi yang pas untuk pemula

 

Panorama 360 derajat – panorama yang meliputi sampai 360 derajat. Panorama ini nampak benar-benar lebar serta tutupi semua panorama pada sebuah gambar super lebar.

Baca juga selengkapnya Cara Memotret Panorama

 

Panorama bola – dikenal juga untuk “planet”. Ini ialah panorama 360 derajat yang dirubah jadi gambar bundar persegi memakai tehnik pasca-pemrosesan spesial.

Seluruhnya panorama di atas bisa dipotret pada sebuah baris (berarti 1 baris gambar vertikal atau horizontal) atau beberapa baris (panjang konsentrasi yang semakin tinggi sering kali dipakai untuk membuahkan resolusi yang jauh semakin tinggi. Panorama multi-baris kerap kali membutuhkan perlengkapan panorama spesial).

You May Also Like

About the Author: rudi