9 Teknik Khusus Untuk Memotret Di Alam Terbuka

9 teknik memfoto nature fotografi

Indonesia mempunyai banyak panorama alam yang menarik serta mengagumkan untuk dilewati demikian saja. Itu penyebabnya, banyak wisatawan suka untuk jalanan ke Indonesia untuk menyimpan tiap keelokan alam yang terlihat di pandangan mereka. Pada intinya, ambil gambar di alam yang terbuka memberi peluang untuk seorang photografer untuk mendapatkan akses yang tidak terbatas dalam fotografi. Selain itu , ambil gambar di alam yang terbuka memberi kesusahan tertentu untuk tiap orang. Misalkan, anda sedang berlibur kesuatu tempat serta rupanya anda pengin memfoto satu subyek yang mengundang perhatian anda, tetapi rupanya ada di atas standar yang dibolehkan untuk beberapa wisatawan untuk memfotonya. Karena itu saat anda melakukan, anda kemungkinan berasa tegang atau takut sebab bisa dijumpai oleh penjaga tempat itu.

 

Memang biasanya, memfoto di alam yang terbuka ialah langkah yang prima untuk mendapatkan beberapa gambar yang antik serta sarat dengan daya magnet. Tetapi, tidak selama-lamanya hasil yang didapat sepanjang pengambilan foto di alam terbuka bagus sebab pada intinya alam terbuka mempunyai kesulitannya sendiri. Misalkan, ambil photo dari beberapa jenis jenjang manusia bisa memberi citra yang kuat untuk waktu lama. Itu penyebabnya, mengenali apa yang perlu dilaksanakan, kapan harus dilaksanakan, serta berapa cepat harus dilaksanakan, bisa memberi ketidaksamaan yang besar di antara photo yang berhasil serta yang tidak atau tidak berhasil keseluruhan.

 

9 teknik memfoto nature fotografi

9 Tehnik spesial untuk memfoto di alam terbuka

 

1. LOKASI YANG MENDUKUNG

Periksalah tempat yang akan anda buat jadi tempat pengambilan foto sekerap kemungkinan. Sekalinya tidak selama-lamanya, tetapi setiap saat ada peluang karena itu anda harus melakukan. Bawa camera anda, mengambil beberapa gambar, serta lihat apa beberapa hal yang ada di sekitar tempat itu pas dengan subyek anda atau mungkin tidak. Dan lihat waktu waktu anda akan lakukan pengambilan foto. Sebab pagi hari terlihat berlainan dengan siang hari, yang mana juga berlainan dengan sore hari tentang sinarnya, peletakan banyangan gelapnya, serta kehangatan tempatnya.

Salah satunya hal yang menarik mengenai ambil gambar di alam yang terbuka ialah anda bisa ambil gambar apa sesuai kemauan anda. Misalkan anda pengin ambil gambar mengenai taman, pantai, serta beberapa tempat yang lain yang anda gemari. Anda tinggal ke beberapa tempat itu.

 

2. PERHATIKAN CAHAYA YANG TERSEDIA

Keutamaan sinar dalam pengambilan foto tidak dapat lagi diremehkan, sebab sinarlah yang memberi penampilan yang hidup di tiap photo. Tidak selama-lamanya anda bisa memutuskan tipe sinar yang anda kehendaki, tetapi anda bisa menyiapkan semua peluang yang ada untuk bikin sinar yang berada di tempat pengambilan foto tertuju di status yang benar dan tepat sesuai kemauan anda.

READ  Pemahaman Nature Fotografi Atau Fotografi Alami

 

Salah satunya faktor yang perlu dari sinar tersebut ialah mutunya. Kualitas sinar mempunyai dampak yang perlu pada gambar anda. Itu penyebabnya penting untuk memutuskan background putih yang imbang supaya sinar bisa dipantulkan secara baik sedapat mungkin. Tentukan arah dari sinar serta apa latarnya telah pas dengan subyek ialah penting. Biasanya, bila subyek terlihat jelas serta bersinar, benar-benar baik untuk memakai background yang gelap, tetapi bila kebalikannya, karena itu background dengan penerangan yang sedikit akan berharga. Karenanya, jadilah arif dalam mengendalikan penerangan anda.

Penerangan di alam yang terbuka terus beralih-alih, sebab matahari terus bergerak serta terkadang ada awan, dan sering hujan. Segala hal ini memberi dampak di penataan camera anda. Untuk lakukan pengambilan foto di luar studio, karena itu anda perlu bawa reflector serta diffusion panels, dan beberapa alat yang bisa gantikan penerangan yang alami.

 

Yang penting ialah kenalilah status cahaya matahari. Bila perasaan anda mengatakan jika cahaya matahari ialah sinar salah satu yang perlu anda pakai, karena itu pikir untuk memakai diffusion panel di antara cahaya matahari serta mata dari subyek anda, mengapa? Sebab bila tidak, karena itu mata dari subyek anda akan nampak “cipit” sebab bertemu langsung dengan sinar matahari.

 

3. REFLEKTOR AMATLAH PENTING UNTUK FOTO MODEL OUTDOOR

Reflector/reflektor dipakai untuk memantulkan sinar yang didapat dengan cara langsung ke subyek anda dan menerangi tempat pengambilan foto yang anda pakai. Reflector tampilkan warna dalam beberapa ukuran (dapat untuk menghangatkan serta memberi kesejukan untuk subyek anda) serta hal yang sangat mengagumkan dari alat ini ialah anda bisa menyaksikan hasilnya bakal jadi apa sebelumnya anda lakukan pengambilan foto. Peganglah reflector serta tujukan ke beberapa sudut yang anda kehendaki sampai mendapatkan hasil yang anda harap. Anda kemungkinan membutuhkan kontribusi seorang untuk menggenggam reflector anda sepanjang pengambilan foto atau anda bisa menempatkannya menghadap dinding atau dilantai. Alternatif lain yang dapat anda pakai dengan tempatkan reflector anda di lighting stand.

Baca juga selengkapnya 5 Langkah untuk Latih Photografi Alam Liar Anda

READ  Sudut Pandang Street Fotografi

 

4. TITIK FOKUS YANG JITU

Konsentrasi mainkan fungsi penting dalam fotografi. Waktu terkait dengan subyek, bagaimanapun, anda harus tahu ke mana anda harus arahkan kemera anda, ditambah lagi waktu anda pengin ambil gambar close up dengan kedalaman atau luas pandangan yang termasuk kecil. Tentukan model konsentrasi anda, autofocus dapat benar-benar menolong dalam tiap pengambilan foto, tetapi dalam photo close up ialah lebih bagus bila mengubahnya dengan manual konsentrasi. Ingat-ingatlah, makin dekat lensa photo anda dengan subyek, karena itu konsentrasi camera anda tidak keluar dari batasan photo yang akan diambil.

 

Selain memutuskan model konsentrasi, tentukan titik konsentrasi tempat pengambilan foto anda. Supaya anda bisa memfoto subyek anda dengan tepat (tepat), karena itu ubahlah tempat autofocus anda di 1 titik (single poin). Pokoknya, jangan sampai konsentrasi di keseluruhnya tempat di mana subyek anda ada, tapi coba untuk konsentrasi di subjeknya sendiri. Jadi contoh, tukarnya memberi konsentrasi di keseluruhnya sepeda yang dipakai dengan seorang anak, pusatkan di berapakah kali mata anak itu menyaksikan di sepeda itu. Tetapi di atas semua itu, pastikanlah jika jarak di antara anda serta subyek anda tidak berbeda semenjak awalnya.

 

5. PENGATURAN KAMERA YANG BENAR

Ambil gambar di alam yang terbuka terkait dengan penataan. Penataan yang sangat populer tentang memfoto di alam yang terbuka ialah memakai aperture yang lebar untuk keluarkan background yang tidak konsentrasi sesaat anda jaga subyek anda selalu nampak jelas. Tetapi penataan anda akan beravariasi bergantung di tipe photo apakah yang akan anda bikin, keadaan pencahayaannya, serta style visual yang anda kehendaki. Bila anda ambil gambar dengan kelompok orang yang banyak pada sebuah formasi, karena itu anda perlu memakai aperture yang kecil untuk pastikan jika semua ada pada konsentrasi anda.

 

Penataan adalah hal yang penting sebab bila keliru dalam penataan karena itu hasil yang didapat buruk. Itu penyebabnya, bikinlah penataan dengan efisien serta efektif dengan menimbang segala hal yang bisa berlangsung sepanjang lakukan pengambilan foto. Bila penataan yang anda bikin telah prima, karena itu awalilah ambil gambar.

 

6. CIPTAKAN KOMPOSISI YANG MENARIK

Formasi mainkan fungsi penting untuk mendapatkan gambar yang baik. Tekankan untuk menyatukan banyak hal yang ada disekitar anda dengan gambar yang akan diambil untuk menolong membuat latar dan photo anda tampil menarik. Kombinasi dari beberapa unsur background serta depan yan menarik bisa menolong anda untuk menambah daya magnet dan ketertarikan yang dalam di formasi photo anda. Cari object yang menarik, warna, serta tekstur; langit yang ceria serta lapangan rumput, atau sinar samar-samar yang terlihat lewat beberapa pohon. Selanjutnya komposisikan secara baik, karena itu anda akan membuat satu gambar yang mengagumkan serta bagus.

READ  Pengenalan Terhadap Astrofotografi - Panduan Bagi Pemula

 

7. LATAR BELAKANG / BACKGROUND SPEKTAKULER

Background memberi dampak yang penting dalam pengambilan foto sebab background yang tepat bisa memberi keelokan pada object pengambilan foto anda. Tetapi bila tidak, karena itu yang ada hanya penampilan yang kurang memikat. Itu penyebabnya memerhatikan background sebelumnya lakukan pengambilan foto adalah hal yang paling disarankan. Cari background yang menarik serta pas dengan subyek anda. Struktur (penampilan) satu bangunan dapat jadi background yang prima – pikir satu bangunan yang telah tua atau satu bangunan yang menarik. Pakai aperture yang besar untuk bikin subyek anda ada jauh dari background untuk membuat dampak background jadi blur.

 

8. BAWALAH PA (PHOTO ASSISTANT/ASISTEN)

Kerja di luar ruang mempunyai faedah tertentu untuk tiap photografer. Kerja di luar ruang memberi peluang untuk mendapatkan sinar yang alami dan nikmati panorama yang cantik. Tetapi ada pula beberapa kekurangan saat lakukan pengambilan foto di luar ruang, seperti habiskan waktu yang lama untuk berjalan cari tempat yang pas, udara yang fresh, dan bagaimana merekayasa sinar matahari menjadi sealamiah kemungkinan buat pengambilan foto.

 

Untuk photo alam terbuka, bawa orang kepercayaan dalam menolong anda ambil gambar benar-benar bermanfaat serta membantu anda. Adanya seorang untuk menolong anda dalam pengambilan foto, akan membuat anda konsentrasi di pengambilan foto tersebut. Karenanya, gunakanlah segala hal serta pikirlah dengan arif.

 

9. PERHATIKAN JARAK ANTARA ANDA DAN SUBJEK

Tidak seperti pengambilan foto dalam studio, tempat pengambilan foto di luar studio benar-benar membahagiakan, sebab anda dapat memakai lensa yang panjang untuk memperoleh gambar yang baik dari luas tempat pengambilan foto anda. Bila anda memfoto dengan jarak yang makin panjang dari 200 mm, karena itu anda memerlukan alat tolong seperti walkie-talkie untuk melakukan komunikasi dengan PA (foto assistant) anda dalam tentukan style apakah yang akan dipertunjukkan / diperlihatkan oleh mode anda.

You May Also Like

About the Author: rudi