9 Tehnik Memfoto Di Malam Hari

Teknik foto dimalam hari

Sebelumnya masuk dunia fotografi, camera adalah salah satunya alat yang perlu anda punya. Disemua pasaran toko camera, ada banyak sekali tipe camera yang dapat anda dapatkan, dimulai dari camera saku, camera prosumer, sampai camera DSLR atau mirrorless. Tiap camera mempunyai manfaatnya semasing. Bila anda beli camera cuman untuk aktivitas setiap hari, karena itu camera saku adalah opsi yang pas untuk anda. Tetapi, untuk hal yang makin serius lagi seperti Hoby, karena itu ialah lebih bagus untuk memakai camera DSLR sebab mempunyai kualitas yang mengagumkan.

 

Memfoto di malam hari itu adalah salah satunya tipe fotografi yang bagus. Mengapa? Sebab disanalah kita belajar untuk membuat gambar yang menegangkan, mengagumkan, dan membahagiakan yakni dengan manfaatkan nuansa malam yang cantik, horor, serta romantis. Sekali anda melakukan secara baik, karena itu tiap orang akan berbaris untuk memakai layanan anda dalam menyimpan tiap acara-acara mereka. Bila anda tidak yakin, nantikan serta saksikan saja hasilnya.

 

Teknik foto dimalam hari

 

Nah, ingin tahu 9 tehnik luar biasa yang dapat dilakukan untuk mendapatkan hasil yang mengagumkan serta bagus waktu memfoto di malam hari? Tiada panjang lebar lagi karena itu berikut yang dapat kami siapkan untuk anda.

 

1. GUNAKAN MODE POTRET MALAM

 

Sebagian besar camera mempunyai penataan “night portrait model (model potret malam). Janganlah lupa untuk memakai model potret malam di saat lakukan pengambilan foto di malam hari. Untuk seorang photografer, fakta dibalik memfoto di malam hari untuk mendapatkan gambar dengan penerangan yang sealami kemungkinan pada subyek serta sekelilingnya.

Bila seorang photografer memakai model automatis di cameranya, karena itu sinar yang dibuat akan terlihat berpijar serta nampak alami, hingga model potret malam yang aktif dengan akan langsung perlambat shutter speed hingga memberi ruangan yang cukup untuk sinar untuk masuk di sensor camera, dan memberi saat yang cukup buat cuman menerangi object atau orang yang ada di latar sisi depan. Shutter speed yang lamban, bila dipadukan dengan penerangan yang pas akan menolong anda mendapatkan gambar dengan penampilan sinar yang paling alami.

Ingat-ingatlah jika memfoto di malam hari dengan memakai “model potret malam” memberi dampak yang berarti pada kualitas gambar yang diambil, sebab ada kombinasi dari beberapa sinar, contohnya, sinar lampu di tepi jalan dan penampilan beragam warna baju dari beberapa jenis orang yang lewat, hingga membuat photo yang menarik dengan penerangan yang nampak benar-benar alami.

READ  Tips Terbaik Untuk Mengawali Fotografi Dokumenter

 

2. PENCAHAYAAN

 

Ambil gambar di malam hari semakin lebih efisien serta menarik bila ada ambient light yang cukup disekitar tempat pengambilan foto. Ambient light atau sering kali disebutkan available light ialah sinar yang ada pada keadaan pengambilan foto. Atau dalam kata lain, sumber sinar dalam pengambilan foto yang tidak disediakan dengan cara langsung oleh photographer waktu akan lakukan pengambilan foto. Ambient light bisa anda dapatkan di rumah anda seperti lampu rumah, restoran (rumah makan), ruang konser, atau bahkan juga ditengahnya kota seperti (street lights/beberapa lampu di tepi jalan).

Waktu lakukan pengambilan foto di malam hari, coba untuk memakai beberapa jenis sumber sinar, tempat, object, serta warna. Segala hal yang bisa memberi perombakan pada warna lampu serta kecepatan pergerakan di seputar tempat pengambilan foto bisa memberi dampak yang mengagumkan pada hasil akhir photo anda.

Oleh karenanya, sebelumnya mengawali pengambilan foto di malam hari, pastikanlah segala hal seperti ambient light ada dalam jumlah yang cukup supaya memberi dampak yang baik dalam pengambilan foto. Selamat mempraktikkan serta jadilah photografer yang kreatif.

3. LATAR BELAKANG

 

Pakai aperture yang lebar untuk bikin background disekitar subyek anda jadi blur. Warna sinar yang halus serta tidak jelas (blur) membuat background nampak menarik serta bagus. Itu penyebabnya, untuk mendapatkan gambar yang baik dalam pengambilan foto di malam hari, karena itu pastikanlah jika background anda jadi blur untuk bikin hal itu tidak menghancurkan perhatian pada subyek anda.

 

4. GUNAKAN TRIPOD

 

Mengendalikan status camera anda supaya tidak goyang/berubah ke kanan, ke kiri, ke muka, atau kebelakang mainkan fungsi yang penting di pengambilan foto malam hari. Pakailah tripod atau letakkan camera anda di lokasi yang pas, seperti meja untuk jaga camera anda tidak goyang/berubah. Selain itu , tekankan subyek anda tidak untuk bergerak atau diam. Sering anda mendapati jika seorang (dalam soal ini subyek anda) tidak dapat diam sesudah dipotret, tetapi waktu anda memakai model potret malam, penerangan dalam pengambilan foto tetap berjalan. Itu penyebabnya, minta subyek anda untuk selalu diam sampai tombol shutter mengeluarkan bunyi sinyal usai.

READ  Pemahaman Nature Fotografi Atau Fotografi Alami

Baca juga selengkapnya Panduan Landasan Tehnik Fotografi Malam

 

5. LOKASI

 

Saat anda memutuskan tempat pengambilan foto, penting untuk menimbang beberapa jenis unsur yang bisa memengaruhi hasil akhirnya photo anda. Contohnya, lakukan pengambilan foto di tempat gudang yang kosong memberi pengalaman yang berbeda jauh dengan lakukan pengambilan foto di jalanan yang repot ditengahnya perkotaan.

Penting untuk pastikan jika anda akan mempunyai sumber sinar langsung untuk menerangi tempat pengambilan foto anda, apa itu lampu untuk menerangi jalan, lampu pertokoan, atau lampu penting dari mobil anda. Pastikanlah semua itu sebelumnya anda lakukan pengambilan foto.

Sekalinya cuman dalam jumlah yang kecil, tetapi ambient light bisa memberi imbas yang mengagumkan untuk kualitas photo anda, ditambah lagi waktu anda akan coba memfokuskan camera anda di tempat pengambilan foto anda. Bila tidak ada sumber sinar yang ada di tempat pengambilan foto anda, karena itu anda harus menyiapkannya sendiri. Jalan keluar umum untuk permasalahan ini ialah senter LED. Selain murah, senter LED sediakan jumlah sinar yang cukup untuk seorang photografer bila ambient light tidak ada. Untuk seorang photografer, senter LED tidak pernah dapat terlepas dari formasi beberapa barang bawaannya waktu lakukan pengambilan foto.

6. AMBILAH BEBERAPA GAMBAR

 

Bikinlah photo anda bernilai/berharga dengan masukkan atau keluarkan background dan sekitar lingkungan tempat pengambilan foto anda dengan memakai zoom, atau mengganti status anda pun subyek anda. Ambilah beberapa gambar, sebab gambar yang 1 akan nampak lebih bagus dibanding gambar lainnya. Peringatkan subyek anda selalu untuk tersenyum supaya photo anda nampak lebih bagus serta menarik. Jangan dibiarkan subyek anda menanti kelamaan saat ambil beberapa photo eksperimen pada tempat seputar subyek anda ada.

Ambilah beberapa gambar untuk pastikan serta mengetes banyak hal seperti penerangan pada subyek, background, serta penataan-pengaturan umum yang lain. Bila anda telah senang dengan penataan untuk pengambilan foto, karena itu anda bisa mengawali session pengambilan foto anda. Ialah inspirasi yang bagus selalu untuk membahas gaya serta gestur yang akan dipakai ke mode anda.

Ingat, terus lihat penataan anda sebab penataan pojok penerangan yang lain akan membuahkan dampak yang lain. Jadi yang perlu anda kerjakan di sini setiap waktu sebelumnya pengambilan foto ialah coba tiap status penerangan yang lain serta menyaksikan pojok penerangan yang pas dengan kemauan anda. Pojok penerangan itu mencakup bagian kanan, atas, bagian kiri, bawah, serta status belakang dari mode anda.

READ  15 Teknik Sederhana Untuk Fotografi Makro

 

7. PERHATIKAN ISO (INTERNATIONAL STANDARDS ORGANIZATION)

 

Penataan ISO di rasio yang tinggi (400, 800, serta 1600) memberi peluang untuk memakai penerangan dalam saat yang singkat dengan kualitas sinar yang rendah. Bila penataan ISO anda lumayan tinggi, karena itu anda bisa memakai ambient light (sinar yang ada di tempat pengambilan foto) tukarnya flashlight waktu lakukan pengambilan foto.

Anda bisa mengetes kekuatan camera anda di rasio penataan ISO yang tinggi dengan ambil beberapa gambar yang serupa di rasio ISO yang berlainan, contohnya, 400, 800, atau 1600, selanjutnya coba untuk memperbandingkan dari hasil beberapa foto yang anda dapatkan 1 yang lain. Kemudian, bikinlah keputusan yang sesuai kemauan anda.

ISO ialah ukuran kepekaan sensor digital pada sinar. Beberapa orang sering kali bergerak saat akan dipotret, belum juga ditambah lagi buka tutup mata mereka (berkedip-kedip) serta tiada henti mengganti air muka mereka – serta tidak ada photo yang makin kurang baik daripada photo seorang dengan mata yang tengah berkedip-kedip tukarnya tersenyum.

Untuk menghindar permasalahan ini, serta untuk menahan motion blur ada, karena itu anda perlu mengendalikan shutter speed di status yang cepat. Ini akan menolong untuk pastikan ketajaman dari photo anda dan menghindar masalah yang bisa berlangsung di camera anda seperti getaran atau goyangan di saat pengambilan foto. Dalam jumlah sinar yang rendah (dalam ruang atau diluar), karena itu anda perlu untuk tingkatkan ISO anda ke 1,600, 3.200 atau bahkan juga 6.400, untuk menghindar hasil yang buruk.

8. KOMPOSISI

 

Ialah hal yang paling bagus untuk menyiapkan segala hal yang akan dipakai di pengambilan foto malam hari lebih cepat yakni sebelum matahari tenggelam. Contohnya, tentukan status tripod anda serta perlengkapan pengambilan foto anda lainnya. Dengan lakukan ini akan membuat anda membuat skrip pengambilan foto anda makin konsentrasi serta efisien dan memberi anda ruangan yang cukup buat ambil beberapa gambar dari tempat pengambilan foto anda sebelumnya anda mulai lakukan session pengambilan foto.

9. JANGAN MENGGUNAKAN UV FILTER

 

Bila anda memakai UV (ultraviolet) filter membuat perlindungan lensa depan camera anda di saat siang, karena itu waktu anda akan lakukan pengambilan foto di saat malam, lepaskanlah UV (ultraviolet) filter anda. Dengan terus memakai UV filter waktu lakukan pengambilan foto bisa memberi dampak yang buruk di kualitas photo anda.

You May Also Like

About the Author: rudi