5 Panduan Landasan Memfoto Photo Black dan White Untuk Pemula

5 Tips fotografi hitam putih untuk pemula

Black dan White atau yang umum disebutkan dengan Photografi BW juga bisa disebut Photografi Hitam Putih ialah tipe photografi yang hasilkan gambar yang terbagi dalam warna dalam jejeran tonal kisaran yang diawali pada warna hitam (pure black)sampai dengan warna putih (pure white).

Photografi tipe ini benar-benar terkenal untuk photo wartawan/portrait/wedding yang mendatangkan kesan-kesan classic, historik dan murni/jujur apa yang ada. Seorang photografer yang punya niat mendokumentasikan photo hitam putih harus mengenali dengan tepat faktanya dan kenapa ia tak perlu mendokumentasikan seluruh warna. Searah dengan itu saat anda sudah tahu panduan memfoto hitam putih, karena itu anda akan mempunyai banyak serunya sendiri saat menyaksikan hasil fotonya. Kita mempunyai rintangan tertentu saat memfoto photo hitam putih, sebab kita ketahui jika photo hitam putih benar-benar sulit sulit mudah bila dilakukan. Tetapi 5 panduan landasan memfoto photo black dan white ini akan menolong agar bisa memfoto photo hitam putih secara baik.

 

5 Tips fotografi hitam putih untuk pemula

1. Tentukan object

 

Dalam tentukan object yang akan dipotret, kita harus bisa pilihnya lebih dulu. Hal yang perlu jadi perhatian saat menentukan object untuk dipotret ini dengan lakukan analisis. Kita perlu tahu object apa yang akan cantik saat jadi photo hitam putih, sebab tidak seluruhnya object akan baik untuk jadi photo hitam putih. Mirip contoh, kita pilih pelangi selaku object untuk photo hitam putih, pasti tidak baik sebab pada intinya yang memikat pada pelangi itu ialah dari berwarna yang beragam macam yang membuat satu hal yang cantik dilihat. Atau landscape matahari keluar dan tenggelam, pasti kurang tarik bila jadi photo hitam putih sebab yang membuatnya cantik itu sebab ada ketidaksamaan warna dari langit yang memberi nuansa ciri khas. Disamping itu, object yang pengin menunjukkan kesan-kesan warna juga tidak pas jadi photo hitam putih, seperti bunga yang berwarna-warni dan elemen mode yang cantik bila memakai warna selaku daya tarik. Meskipun tidak tutup peluang juga agar bisa jadi photo hitam putih dengan resiko sedikit ada nilai yang raib bila benar-benar kemampuannya ada di warna yang beragam macam. Lalu object apakah yang baik jadi photo hitam putih? Yakni object yang mempunyai kesan-kesan riwayat, portrait yang pengin memperlihatkan kesan-kesan menegangkan dan detil (misalkan object orang yang telah tua), atau object yang pengin memperlihatkan kesan-kesan kontras yang kuat. Disamping itu, object yang lain juga dapat jadi photo hitam putih bergantung imajinasi pengambil photo.

READ  Panduan Untuk Memperoleh Foto Bawah Air Yang Bagus

 

2. Mengendalikan penerangan

 

Dengan mengendalikan penerangan demikian rupa kita bisa melihat object lebih dalam kembali. Sebab adanya penerangan yang kuat pasti hasilkan bayang-bayang yang kuat juga. Mengendalikan penerangan benar-benar tidak gampang. Oleh karenanya, dibutuhkna imajinasi yang bagus juga dalam point ke-2 ini. Saat penerangan pas karena itu photo yang dibuat pasti makin baik, dan kebalikannya saat penerangan kurang pas karena itu hasil photo malahan akan remuk. Dalam membuat photo hitam putih, kita bisa ambil photo saat matahari pas ada di atas (di siang hari). Ini pasti bisa dalam ambil photo hitam putih, sebab semakin lebih menunjukkan bayang-bayang yang kuat untuk mengutamakan garis dan wujud pada formasi. Atau bahkan juga kita dapat mengambil langsung photo menuju matahari supaya hasilkan siluet yang cantik pasti dengan imajinasi yang bagus juga.

READ  Pemahaman Fotografi Dokumenter

 

3. Pakai RAW

 

Bila Anda mempunyai tipe camera yang dapat dengan pola RAW karena itu optimalkan dan siapkan memory yang besar untuk menyimpan. Dengan memakai pola RAW dalam panduan photo hitam putih ini Anda semakin lebih gampang mengotak atik file mentah seperti yang diinginkan, disamping itu Anda dapat lebih inovatif sebab pilihan pemrosesan photo semakin banyak, dan diinginkan bila Anda menggunakan pola RAW karena itu info yang disimpan semakin banyak. yakinkan Anda pilih setel Monochrome Picture Control hingga penampilan di LCD camera nampak hitam-putih. Tetapi yakinkan waktu file photo RAW disaksikan di computer karena itu Anda masih mendapatkan info warna. Berikut yang membandingkannya dengan file JPG.

READ  10 Panduan untuk Anda dalam Mengawali Fotografi Bawah Air

Baca juga selengkapnya Fenomena Monokrom Memperbaiki Seni Photografi Hitam Putih

 

4. Pakai ISO Rendah

 

Ini dikerjakan untuk kurangi dampak noise pada photo saat di alterasi ke hitam putih. Noise ialah bercak-bercak kecil putih pada photo yang akan nampak lebih terang dalam photo hitam putih dibandingkan dengan pada photo warna. Dengan memakai ISO rendah karena itu noise ini akan diminimalkan hingga kualitas photo jadi optimal. ISO rendah juga baik dipakai saat ambil gambar di posisi dengan sinar yang cukup. ISO rendah sanggup tangkap kekontrasan secara baik yang akan membuat dampak hitam putih lebih efisien. Tetapi bila diharapkan ada noise, karena itu masih pakai ISO rendah dan kita dapat menambah noise dalam proses pascaproduksi. ISO tinggi dapat dipakai bila memperoleh shutter speed yang tinggi atau dampak grain yang menegangkan dengan menyengaja.Dan langkah untuk seting kamera atau ISO anda.

 

5.Potretlah dalam model warna

 

Dalam panduan memfoto hitam putih ini anda harus memerhatikan panduan pertama ini. Ini karena camera digital hasilkan bentang tone yang lebih lebar dalam model warna sebab dalam model ini sensor ambil data dari 3 kanal – Red, Green dan Blue atau RGB. Untuk itu, photo hitam yang dibuat dari pemrosesan photo warna memakai foto editor di computer akan condong lebih bagus mutunya.

You May Also Like

About the Author: Nice