20 Tips Fotografi Keren Untuk Para Pemula

Bermainlah dengan cahaya agar foto menjadi menarik

Mengawali fotografi ialah suatu hal yang cantik sarat dengan kreasi serta penemuan. Sayang, untuk beberapa pemula dalam fotografi, mereka kenal fotografi serta pengin memahaminya dengan tergesa-gesa, hingga membuat ketidaktahuan saat dengar anjuran dari rekan serta frustrasi waktu mereka baru belajar camera serta berusaha untuk ambil gambar di tempat atau camera digital cuman dari apakah yang mereka saksikan.

Belajar fotografi semestinya ialah perjalanan yang membahagiakan, serta anda perlu sedikit anjuran untuk mengawali serta memutuskan tempat terhebat. Untuk mengawalinya dengan ide landasan yang dipakai untuk bikin satu foto yang bagus. Di akhir pembicaraan ini, anda akan siap untuk ambil langkah selanjutnya dalam fotografi, tapi kemungkinan tetap dengan sedikit rintangan yang perlu anda lalui.

Formasi ialah landasan dari tiap foto. Ini meliputi garis besar serta wujud dalam satu foto, termasuk juga peletakan object, orang atau binatang (atau apa saja subjeknya) dalam jalinan dengan beberapa unsur lain dalam penampilan. Saat anda ambil satu foto, andalah penyusunnya serta jadi pelukis, dalam mendesain lukisan baru. Memerhatikan formasi tiap foto yang diambil serta anda akan selekasnya menyaksikan kenaikan yang berarti di hasil foto yang anda peroleh.

Anda harus memutuskan satu subyek untuk tiap foto. Tiada ini, gambar anda tidak pernah hidup. Subyek anda ialah apakah yang anda suguhkan pertama-tama untuk penyimak gambar anda. Subyek anda bisa besar atau kecil, satu taman kecil yang ada laba-labanya atau pantai yang paling cantik. Tidak perduli apa saja subyek anda, anda harus cermat dalam memutuskannya. Tetapi, untuk belajar bagaimana membuat satu simfoni yang cantik, tentunya memerlukan banyak latihan. Untuk membuahkan foto yang bagus, anda harus terus memperdalam seni fotografi ini. Satu waktu kelak anda akan cepat tahu apakah yang anda pengin raih. Jika tidak berhasil, tidak apa-apa sebab anda perlu meniadakan foto itu serta mengulang lagi.

Berikut kami punyai beberapa tips simpel yang gampang di ingat, gampang di turuti, bisa di terapkan dengan camera apa saja serta akan tingkatkan kualitas foto anda dalam sekejap, dan tidak ada pengetahuan tehnis yang di butuhkan.

 

Contents

READ  7 Cara Jitu Untuk Menjadi Seorang Fotografer

1. Mengambil Gambar Secara Dekat

Mengambil gambar secara dekat saat memotret

 

Seorang fotografer populer, namanya Robert Capa sempat mengatakan “Bila foto anda tidak lumayan baik, bermakna anda masih kurang dekat waktu mengincarnya” dia menerangkan mengenai bagaimanakah cara lakukan pendekatan dalam perlakuan waktu ambil gambar. Bila anda berasa kelihatannya gambar yang diambil tidak ‘jelas’, mendekatlah lagi beberapa langkah atau 2 cara makin dekat sama subyek anda. Isikan penampilan dengan subyek anda serta saksikan seberapa banyak hasil foto anda yang lebih bagus tiada jumlahnya tempat yang terbuang. Makin dekat anda dengan subyek, makin jelas anda bisa menyaksikan gestur mukanya.

 

2. Latihan Memotret Setiap Hari

Latihan memotret setiap hari untuk menambah pengalaman

 

Langkah terhebat untuk mempertajam kekuatan anda, yakni berlatihlah. Terdapat beberapa langkah. Memfotolah sekitar yang anda dapat, tidak perduli apa saja itu. Habiskan waktu beberapa jam ada di belakang camera anda. Jadi ketrampilan tehnis buat anda tambahkan dari sekian waktu, kekuatan anda untuk memakainya, untuk bercerita cerita-kisah serta yang lain juga. Tak perlu cemas terlalu berlebih mengenai bagaimanakah cara memfoto diawalnya. Eksperimen dengan style anda yang ‘disuarakan’ pas waktu, akan nampak makin orisinal.

 

3. Amati Pencahayaan

Amati pencahayaan sebelum memfoto

 

Sebelumnya anda memfoto dengan camera anda, lihatlah darimanakah sinar tiba serta pakailah untuk keuntungan anda dalam memfoto. Apa itu sinar alami yang di hasilkan dari matahari atau sumber sinar bikinan seperti lampu, bagaimana anda bisa memakainya untuk bikin foto anda lebih bagus? Bagaimana sinar berhubungan di penampilan serta subyek? Apa cuman menyorot 1 tempat atau membuahkan bayang-bayang yang menarik? Ini seluruhnya ialah hal yang bisa anda gunakan untuk bikin foto biasa jadi mengagumkan.

 

4. Meminta Izin

Meminta izin saat memfoto orang

 

Saat memfoto orang, khususnya waktu ada di beberapa negara dengan beberapa budaya serta bahasa, tentu saja akan susah untuk melakukan komunikasi. Di beberapa negara spesifik, bila anda memfoto seorang yang tidak ‘seharusnya’ anda foto, mengakibatkan anda dapat memperoleh imbas yang jelek serta benar-benar fatal demikian cepat,bila anda tidak waspada. Jadi, untuk menghargai ketentuan disuatu tempat, anda selalu harus minta izin.

 

5. Gunakanlah Flash Pada Siang HariI

Gunakanlah flash pada siang hari untuk memberikan sinar tambahan di subyek

 

Anda kemungkinan memikir jika memakai Flash cuman di saat malam hari atau waktu dalam ruang saja, sebetulnya tidak. Bila hari benar-benar ceria di luaran sana serta matahari membuat bayang-bayang yang jelas di subyek anda, nyalakanlah flash anda. Flash bisa memberikan sinar tambahan di subyek, anda bisa tutupi bayang-bayang silau barusan serta membuahkan penerangan yang lebih bagus.

 

6. Belilah Buku – Buku Untuk Menambah Ilmu Fotografi

Belilah buku - buku untuk menambah ilmu fotografi dan inspirasi

 

Mempunyai perlengkapan camera yang mahal, tidak selamanya bermakna jika anda akan memperoleh hasil foto yang bagus. Banyak hasil potret gambar yang betul-betul mengagumkan diamankan dengan camera hp. Jadi tukarnya, miliki sepuluh lensa yang lain, lalu dalamilah buku-buku fotografi yang berguna. Dengan menyaksikan hasil kreasi beberapa master fotografi dalam buku-buku itu, anda bukan hanya memperoleh ide, dan juga memperoleh beberapa ide berkilau untuk tingkatkan kualitas foto hasil kreasi anda sendiri.

READ  Belajar Tehnik Komposisi Photography

 

7. Bacalah Petunjuk Pengunaan Pada Kamera Anda

Baca petunjuk pengunaan pada kamera anda untuk mengenali bagaimanakah cara memakai camera

 

Langkah terhebat untuk mengenali bagaimanakah cara memakai camera anda, yakni dengan membaca panduan pemakaiannya. Banyak sekali orang melepaskan cara ini, yang sebenarnya betul-betul penting diperjalanan fotografi mereka. Tiap camera mempunyai ketidaksamaan, hingga dengan membaca manual, anda akan sanggup pahami beberapa hal bagus yang ada di camera itu

 

8. Jangan Terburu – Buru Saat Memotret

Jangan terburu - buru saat memotret Lihat sesaat apakah yang terlihat di viewfinder sebelumnya anda menekan tombol shutter

 

Lihat sesaat apakah yang terlihat di viewfinder sebelumnya anda menekan tombol shutter, gambar apakah yang akan anda incar? bagaimana dengan penerangannya? jangan mengambil langkah di step selanjutnya sebelumnya anda pikirkannya baik lebih dulu, “Brad Marsellos”.

 

9. Pekalah Terhadap Subject Anda

Pekalah terhadap subject serta lebih memerhatikan subyek

 

Arti dari sisi ini untuk membuat contact mata, terjebak dalamnya serta lebih memerhatikan subyek anda. Dengan mata anda memakai camera,membuatnya makin hidup. Bimbinglah camera untuk menetukan sasaran yang pas. Tetapi ingat untuk membuat hal itu, seperti anda memerlukan udara, anda pun harus makin sensitif di subyek anda. Jangan perlakukannya seperti eksperimen ilmiah dengan memakai mikroskop. Kerja samalah dengan subyek anda, beri mereka penghargaan, tambahkan hasil potret anda serta kemampuan dinamika didalamnya lalu lihatlah hasilnya. Anda akan memperoleh hasil gambar yang jauh lebih bagus serta lebih banyak dengan langkah ini. – Heather Faulkner

 

10. Pembingkaian / Framing

 

Ini biasa dikatakan sebagai Poin of Interest, yakni saat anda tempatkan subyek penting anda dalam foto demikian rupa, hingga dikelilingi oleh komponen yang lain dalam foto. Tehnik ini bisa di pakai waktu anda pengin jadikan foto anda jadi bahan perhatian. Dengan framing di penampilan atau subyek, anda bisa mempersembahkannya melalui atraksi atau pertunjukan, anda akan bawa mata penonton di titik konsentrasi penting dalam hasil foto framing anda.

 

11. Bermainlah Dengan Cahaya

Bermainlah dengan cahaya agar foto menjadi menarik

 

Jangan sampai ambil gambar dengan matahari langsung ada di belakang anda. Langkah ini menjemukan, sinar akan nampak datar di subyek. Bila anda memfoto dengan sumber sinar dari samping atau dari belakang subyek, anda bisa membuat sinar itu demikian rupa, dan membuat foto yang makin menarik.

 

12. Isilah Baterai Kamera Anda

Isilah baterai kamera anda agar tidak kehabisan

 

Ini nampaknya simpel saja, tetapi banyak fotografer di semua dunia lakukan ini lama, yakni cepatlah isi ulangi baterai camera anda, sepulangnya dari aktivitas memfoto anda. Hal yang selanjutnya harus dikenang yakni pastikanlah anda memasukkan batre kembali pada camera sesudah diisi ulangi.

 

13. Memotret Dengan ‘Pikirian’

Memotret dengan pikiran agar hasil foto dapat terkonsep

 

Walau anda tidak memfoto gambar dengan cara langsung, memfotolah dengan pemikiran anda. Latihanlah dengan memikirkan gestur-ekspresi subyek anda serta situasi sinar. Pikirkanlah, bagaimanakah cara anda akan membuat penampilan gambar di luar sana kelak, yang memancing ketertarikan anda serta tipe penerangan yang kemungkinan anda pakai untuk ambil gambar yang terhebat.

 

14. Bawalah Kamera Anda Setiap Saat

Bawalah kamera anda setiap saat agar mendapatkan foto yang bagus

 

Anda tidak bisa membuahkan foto yang bagus, bila anda tidak bawa camera anda setiap waktu, kan? camera apa saja itu untuk memfoto gambar, apa DSLR atau camera hp android, tidak jadi masalah. Sepanjang Anda mempunyai akses untuk ke arah camera, Anda bisa tangkap beberapa momen spontan serta antik dalam kehidupan yang kemungkinan tidak pengin anda terlewat.

READ  Apa Yang Harus Dikerjakan Untuk Memperoleh Head Shots Yang Sempurna

 

15. Jangan Terlalu Banyak Menghabiskan Waktu Untuk Proses Mengedit

Jangan terlalu banyak menghabiskan waktu untuk proses mengedit agar tidak menghabiskan waktu

 

Kuncinya untuk mengendalikan camera anda di saat awalnya, hingga anda tak perlu habiskan waktu untuk koreksi. Sepanjang foto di-edit dalam piranti lunak koreksi, jarang nampak baik terkecuali bila anda berusaha untuk memakai dampak super-seni foto. Bila anda memerlukan waktu semakin lama dari 10 menit untuk mengubah foto anda, kemungkinan anda sebaiknya keluar kembali lagi serta ambil ulangi gambar itu.

 

16. Mengambil Inspirasi Dari Segala Bentuk

Mengambil inspirasi dari segala bentuk dari sumber online atau dari buku-buku serta majalah

 

Cari sebanyak-banyaknya info mengenai fotografi, sebisa anda. Dari sumber online atau dari buku-buku serta majalah. Tetapi jangan pasif. Coba dari pojok yang lain. Kerjakan apakah yang anda senang atau mungkin tidak senang mengenai itu. Lihatlah elemen tehnis di gambar serta pikir mengenai bagaimanakah cara membuatanya serta apakah yang fotografer sedang coba untuk kerjakan. Makin banyak pengetahuan yang anda peroleh, makin baik juga hasil yang akan anda peroleh waktu mengimplementasikannya di foto anda sendiri.

 

17. Buatlah Daftar Gambar Yang Ingin Anda Potret

Buatlah daftar gambar yang ingin anda potret agar lebih detail

 

Di saat anda tidak bisa bawa camera anda kemana saja, bawa buku catatan kecil untuk menulis. Anda akan tiba kembali pada tempat itu serta memfoto gambar. Tekankan untuk menulis tiap detil penting, seperti penerangan, hingga anda bisa kembali ke saat yang sama pada hari itu atau di saat cuaca yang pas.

 

18. Nikmatilah Proses Belajar

Nikmatilah proses belajar didalam dunia fotografi

 

Sisi terhebat dari mempunyai hoby seperti fotografi, yakni tidak akan sempat kekurangan hal untuk didalami. Ide berada di seputar anda. Menyaksikan segala hal dengan pemikiran fotografer serta anda akan menyaksikan kesempatan yang belum pernah anda saksikan awalnya.

 

19. Bereksperimen Dengan Pengaturan Kamera Anda

Bereksperimen dengan pengaturan kamera anda untuk mendapatkan hasil yang terbaik

 

Hasil ambil gambar serta sasaran anda kemungkinan makin fleksibel serta riil dari yang anda ketahui. Bacalah panduan manual, untuk menolong anda mendefinisikan seluruhnya simbol-simbol paling kecil. Saat anda memahaminya, coba incar subyek anda dengan beberapa penataan untuk pelajari dampak yang anda senang. Saat anda sedang menyaksikan foto anda di computer, anda bisa mengecek data EXIF (biasanya ada di file property) untuk menyaksikan kembali lagi penataan anda pakai.

 

20. Tunggulah Moment Yang Tepat Dan Tetap Fokus Pada Subjek

Tunggulah moment yang tepat dan tetap fokus pada subjek untuk mendapatkan moment yang terbaik

 

Banyak fotografer pemula harus makin mengenal subyek yang akan mereka foto, bila pengin memperoleh hasil foto bermutu. Anda harus terus memfoto serta memfoto lagi dengan memakai penataan camera yang sudah anda tentukan serta anda perlu untuk selalu lakukan itu hingga saat yang pas datang. Kenali-lah subyek anda. Percayalah jika, penting untuk memfoto gambar makin banyak.

You May Also Like

About the Author: Nice