11 Teknik Jitu Untuk Menghasilkan Fotografi Arsitektur Yang Keren Dan Menabjukan

11 Teknik Jitu Foto Arsitektur

Fotografi arsitektur, entahlah itu classic atau kekinian, sama berguna dan melawan untuk seluruhnya photografer termasuk juga Tobias Gawrish dari Jerman. Sebab kesukaannya itu, Gawrish kerap habiskan waktu yang lebih buat memburu objek-objek arsitektur untuk diabadikan dalam photo. Dimatanya, arsitektur adalah object yang mempesona. Arsitektur adalah hoby dari Gawrish.

 

Pada intinya, cari tahu langkah untuk memperoleh gambar penting (ultimate shot) di pengambilan foto terutamanya arsitektur bukan adalah hal yang gampang untuk dilaksanakan sekalinya anda sudah cobanya berulang-kali. Fotografi arsitektur adalah tipe fotografi yang memakai object seperti bangunan dan semacamnya yang tawarkan keelokan dan daya magnet yang mengagumkan yang memberi deskripsi dengan tepat tentang object itu.

 

Cari object bangunan yang baik dapat dilakukan dengan traveling, menanyakan, atau searching melalui internet. Selain itu, beberapa melalui beberapa foto yang disaksikan waktu pameran. Tetapi, satu kali lagi, arsitektur adalah hal yang orang katakan “susah-susah gampang”. Perlu kesabaran dan ketekunan dalam capai hasil yang optimal.

 

Terdapat beberapa unsur yang berperanan dalam mendapatkan gambar penting (ultimate shot), ada yang dapat dikendalikan, tetapi ada pula yang tidak dapat. Sekalinya tips serta tehnik berikut ini nampak logis untuk dilaksanakan, tetapi bukan beberapa hal seperti berikut ini yang anda pikir setiap saat anda dengan spontan ambil gambar bangunan dan semacamnya yang mengundang perhatian anda. Jadi, tiada panjang lebar lagi, karena itu di bawah ini ialah 11 tehnik tepat yang dapat kami (photo.co.id) siapkan untuk anda untuk membuahkan fotografi arsitektur yang bagus serta mengagumkan.

 

11 Teknik Jitu Foto Arsitektur

1. Pastikan Kesiapan Kamera Dan Lokasi Anda

 

Bila anda betul-betul mengidamkan/inginkan photo terhebat, karena itu anda harus menimbang selalu untuk bawa camera dimanapun anda pergi, sebab anda tidak tahu kapan ide itu akan ada. Tetapi, bila tempat yang akan anda buat jadi subyek pengambilan foto telah diputuskan awalnya, karena itu tekankan anda siap untuk tempat itu. Misalkan, bangunan yang anda tetapkan jadi subyek ialah tempat usaha, karena itu periksalah/cari info jam-jam berapapun tempat itu dibuka.

READ  Anjuran Fotografi Bawah Air

Selain itu , anda harus mengecek segala hal di subyek pengambilan foto anda dengan pemiliknya, atau cari tahu situasi seputar tempat anda, apa membutuhkan izin untuk ambil photo atau mungkin tidak. Kelengahan sebab berlaku acuh tidak acuh atau mungkin tidak ingin tahu dapat membuat anda ada dalam permasalahan dan menghalangi anda mendapatkan peluang untuk memperoleh photo mimpi anda.

 

Serta yang paling akhir ialah lihatlah laporan prediksi cuaca untuk tempat anda. Lepas daripada tipe gambar yang anda kehendaki – cuaca dapat menghancurkan hari anda. Karenanya pikirlah arif serta kreatif.

 

2. Gunakanlah Peralatan Fotografi Yang Tepat

 

Ialah hal yang penting untuk mempunyai perlengkapan fotografi yang pas untuk pekerjaan yang anda kerjakan. Bila hal tersebut terkait dengan fotografi arsitektur, dengan penampilan yang lebar (wide angle), karena itu lensa dengan pojok ultra yang lebar adalah opsi terhebat.

 

Tipe lensa opsi anda sangat mungkin anda untuk memperoleh formasi yang menegangkan dan memberi anda kekuatan untuk sesuaikan semua rangka bangunan yang disebut subyek anda jadi 1 target. Tetapi, tidak seluruhnya bangunan akan masuk ke-setiap target anda. Disini camera dengan pola pemandangan/keelokan alam bisa berguna. Sesaat beberapa camera tawarkan in-shot-stitching mengenai keelokan alam, karena itu pikirkanlah pemakaian Hugin atau PTGui, yang disebut 2 tipe piranti lunak yang sangat mungkin anda untuk menggabunggkan (menjahit) gambar pemandangan/keelokan alam jadi 1 sesudah ambil gambar. Ini berguna juga bila anda memfoto dengan memakai camera Digital Single-Lens Reflex (DSLR).

 

3. Gunakan Waktu Sebaik Mungkin

 

Salah satunya unsur penentu untuk membuahkan photo arsitektur yang mengagumkan ialah waktu. Tekankan jika anda mempunyai saat yang cukup waktu akan memfoto, misalnya satu hari. Ini bukan hanya memberi anda saat yang cukup buat memperoleh gambar yang anda kehendaki, tapi sangat mungkin anda pun untuk mendapatkan peluang menelusuri bangunan-bangunan yang akan jadi object photo anda. Dengan saat yang cukup, anda dapat jalan-jalan dan menyaksikan seluruhnya bagian bangunan untuk mendapati beberapa daerah mana yang memberi latar yang baik dan antik untuk photo anda. Jadi sediakanlah saat yang makin bila anda pengin membuahkan photo arsitektur yang mengagumkan serta bagus.

 

4. Ambilah Gambar Pada Kondisi Cuaca Yang Berbeda – Beda

 

Memerhatikan laporan/prakiran tentang cuaca ialah langkah yang baik untuk pastikan gambar yang prima. Ini bukan bermakna jika anda cuman dapat lakukan pengambilan foto di saat matahari berkilau. Bahkan juga, anda kemungkinan kaget saat mendapati jika beberapa foto terhebat diambil waktu badai menggulung di atas kepala anda dan langit yang tengah mendung. Awan yang berputar, hujan gerimis yang tengah turun, serta peluang pelangi, betul-betul bisa tingkatkan keadaan dan kualitas photo anda.

READ  10 Panduan Photography Arsitektur Untuk Pemula, Estetik dan Instagrammable

 

5. Perhatikan Cahaya Yang Ada

 

Anda kemungkinan kaget waktu menyaksikan jika begitu perbedaannya satu bangunan serta sekelilingnya di saat matahari tenggelam pada malam hari atau lenyap dibalik awan dengan waktu matahari berkilau ceria di saat siang. Untuk menyaksikan ketidaksamaanya, karena itu ambilah beberapa gambar di siang hari dengan beberapa pojok (angle) bangunan untuk menyaksikan bagaimana mereka nampak. Selanjutnya, kembalilah saat malam hari serta lihatlah apakah yang berbeda mengenai bangunan serta lingkungan disekelilingnya. Anda akan menyaksikan serta mendapati jika saat matahari tenggelam, bayang-bayang yang lain ada serta bangunan akan nampak dengan penampilan warna yang lain.

Jadi keseluruhannya, gambar bangunan di siang hari akan terlihat berlainan dengan malam hari sebab ada unsur sinar.

 

6. Ambil Gambar Dari Setiap Sudut Yang Berbeda

 

Sama dengan sinar bisa memberi dampak di langkah bangunan nampak hingga memberi anda status yang pas waktu ambil gambar, demikian juga hal dengan pojok (angle) yang berlainan. Semasing angle mempunyai minat yang berlainan. Karenanya, coba untuk ambil gambar di tiap angle yang nampak untuk membuahkan kreasi yang beragam tukarnya sama. Makin daripada itu, waktu mainkan fungsi yang penting dalam pastikan pojok (angle) yang pas untuk photo anda. Sebab adanya saat yang cukup, anda mempunyai peluang untuk jalan-jalan disekitar bangunan/gedung tempat anda sekalian ambil beberapa gambar untuk pastikan pojok (angle) yang anda kehendaki.

 

7. Selalu Perhatikan Komposisi Anda

 

Tempatkan beberapa pertimbangan ke formasi fotografi anda adalah hal yang penting ditambah lagi bila hal tersebut terkait dengan fotografi arsitektur. Cari terus pojok yang menarik serta antik dengan sudut pandang yang berlainan jika sangat mungkin. Pikir mengenai konsep rules of third, serta bagaimana anda melakukan. Misalkan, dibanding ambil photo dari bawah, kenapa tidak naik ke atas. Bila anda menggenggam camera anda (hand-held), karena itu susunlah ISO anda di status 400 serta taruh camera anda di status yang aman. Tampilah kreatif dengan inspirasi dan pertimbangan yang antik serta jelas untuk membuahkan gambar yang baik serta cantik.

 

8. Gunakanlah Perangkat Lunak Fotografi Yang Tepat

 

Sesudah anda usai ambil gambar, ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam tingkatkan kualitas photo anda supaya nampak menarik dan bagus. Ini bisa dilaksanakan dengan memakai program piranti lunak (software) fotografi yang pas. Misalkan, Perfect foto suite, Dxo, serta Adope Photoshop. Bila anda tidak terlatih untuk memakai perfect foto suite, Dxo, serta adope photoshop, karena itu anda dapat juga coba piranti lunak yang makin muda untuk dipakai yakni apple aperture atau adobe lightroom. Itu penyebabnya, pakailah piranti lunak yang pas untuk membuahkan photo yang menarik serta mengagumkan yang sesuai kemauan anda.

READ  Langkah Membuat Penataan Penerangan Rembrandt

Baca Juga selengkapnya 10 Panduan Photografi Arsitektur untuk Pemula, Estetik dan Instagrammable

 

9. Warna Atau Hitam Putih

 

Hal-hal lain lagi yang penting untuk jadi perhatian dalam ambil gambar mengenai arsitektur (bangunan) ialah tentukan gambar photo anda, apa memiliki warna atau hitam putih. Walau keputusan ini (tentukan warna atau hitam putih) murni dari photografer tersebut, tetapi ada banyak point yang perlu diperhitungkan. (1) Dalam fotografi arsitektur, waktu anda ambil gambar tentang bangunan, karena itu warna bangunan itu adalah feature atau penampilan yang penting yang pengin anda soroti. Maka dari itu, ambil gambar yang memiliki warna kemungkinan jadi opsi terhebat. Tapi kebalikannya, (2) bila anda cuman tertarik untuk menyorot jalan sistematis bangunannya saja, karena itu lebih bagus ambil gambar dengan penampilan hitam/putih saja.

 

10. Pemeriksaan Kembali Pasca Pemotretan

 

Kontrol kembali lagi hasil photo sesudah usai pengambilan foto adalah hal yang menarik dalam membuahkan photo yang bagus serta bagus. Kontrol ini mencakup: warna, ketajaman gambar, serta contrast. Anda bisa memakai piranti yang pas dalam lakukan kontrol pada beberapa foto anda. Misalkan, Dxo serta Adobe Photoshop. Pemakaian piranti yang pas bisa memberi hasil akhir yang baik pada kualitas photo anda.

 

11. Carilah Lokasi Yang Unik

 

Penyeleksian tempat pengambilan foto yang pas memberi anda peluang untuk mendapatkan gambar yang baik. Ada banyak sekali bangunan yang populer disekitar kita persisnya di tempat di mana kita ada yang sebagian besar bangunan itu sudah jadi subyek photo berkali-kali kali sekalinya dengan penampilan sinar yang berlainan dan situasi cuaca yang berbeda. Tetapi, perihal ini pula (penyeleksian tempat photo) yang mengakibatkan mengapa beberapa tempat itu populer/diketahui oleh beberapa orang. Tetapi, lepas dari semua itu, cari tempat yang tidak pernah ada (dipotret oleh beberapa orang), serta hasilkanlah photo yang baik tentang tempat itu hingga membuat beberapa orang nanti terpikat untuk pergi menyaksikan tempat yang anda hasilkan itu.

You May Also Like

About the Author: Nice